5 Cara Mudah Setting Jam G Shock GA 110

Kamu suka mengoleksi jam tangan? Tentu tidak asing lagi dengan merek G Shock, sebuah jam tangan yang berasal dari Jepang. Sejak puluhan tahun silam, merek jam tangan dari produsen Casio sudah menjadi pilihan banyak kalangan, seperti penyelam hingga militer.

Desain yang terkesan kokoh dan sporty, menjadikan jam tangan G Shock ini banyak diminati. Salah satunya seperti G Shock GA 110 yang memiliki desain dan fitur yang unik. Lantas, bagaimana cara mudah setting jam G Shock GA 110 ini?

Mengenal G Shock GA 110

 

GA 110 merupakan salah satu model anyar dari jam tangan G Shock. Jam tangan ini merupakan kombinasi atau gabungan dari jam tangan analog dan digital sehingga desain yang diberikan terlihat unik dan menarik.

Tampilannya memiliki elemen metal dan bernuansa industrialis. Terdapat metal berkilat untuk menandakan jarum jam dan menit. Sangat cocok untuk berbagai aktivitas outdoor maupun untuk aktivitas sehari-hari lainnya.

Secara ukuran, jam tangan ini memiliki ukuran 55 x 51,2 x 17,4 mm dengan berat sekitar 72 gram. Apabila sudah di-packing, beratnya bisa mencapai 500 gram. Jam tangan ini juga disertai dengan LED light dengan fitur Auto light switch, afterglow, dan efek illumination.

 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jam tangan yang satu ini adalah tahan tekanan air. Jika kamu menyelam, setidaknya kamu bisa membawanya sedalam maksimal 200 meter. Dengan begitu, jam tangan ini sangat cocok untuk aktivitas kelautan, olahraga air, dan diving atau penyelaman secara amatir maupun profesional.

Jam yang memiliki diameter 51,2 mm memang berukuran cukup besar. Tidak mengherankan jika banyak pria menggunakannya meskipun banyak wanita yang juga menggunakannya. Menggunakan jam ini juga cukup nyaman karena dibekali dengan material yang terbuat dari resin dan mineral crystal.

 

Tipe dari model jam tangan yang satu ini juga beragam, mulai dari GA-110-1ADR, GA-110-1BDR, hingga GA-110-1B. Kamu bisa memilih tipe, model, hingga warna yang memang sesuai keinginan. Jangan lupa membelinya di distributor resmi untuk bisa menikmati semua fiturnya ya!

1. Pengaturan Zona Waktu Secara Otomatis

Sebelum mengetahui cara mudah dan simple untuk setting jam G Shock GA 110 ini, terlebih dahulu pastikan kamu sudah mengetahui tombol dan fungsinya dari jam tangan tersebut. Secara umum, jam tangan dengan tipe ini memiliki empat tombol di setiap sisi pojoknya.

Biasa disebut dengan tombol ABCD, di mana tombol-tombol tersebut secara berurutan ada di pojok kiri atas (A), pojok kanan atas (B), pojok kiri bawah (C), dan pojok kanan bawah (D). Jika sudah memahami letaknya, maka selanjutnya berikut cara-cara untuk mengatur zona waktu secara otomatis.

  1. Tekan tombol C selama beberapa kali hingga display menunjukkan hari dan jam secara random.
  2. Rekan dan tahan tombol A sampai terdengar bunyi "beep" dan display SET digital berkedip. Untuk jam baru, umumnya settingan pabrik akan menampilkan keterangan "TYO" atau "Tokyo"
  3. Zona waktu akan dapat diatur menggunakan tombol B atau D. Perlu dipahami jika zona waktu yang digunakan adalah GMT+7. Kamu bisa menggunakan kode BKK (Bangkok) atau JKT (Jakarta).
  4. Tekan tombol A untuk menyimpan perubahan. Jika sudah berhasil, jarum jam akan bergerak secara otomatis menyesuaikan waktu.

2. Setting Waktu GA 110 Secara Manual

Mengatur waktu pada jam tangan satu ini juga dapat dilakukan secara manual. Terlebih jika kamu melakukan pengaturan waktu pada jam analog alias menggunakan jarum jam.

Sejatinya, langkah-langkah berikut tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah mengatur waktu pada setting jam G Shock GA 110 secara otomatis. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

  1. Tekan tombol C beberapa kali hingga layar display menunjukkan hari dan jam.
  2. Selanjutnya, tahan tombol A hingga berbunyi "beep" dan display pada SET digital berkedip.
  3. Tekan tombol C untuk berpindah. Kamu juga bisa menggunakan tombol B atau D untuk mengatur waktu secara manual.
  4. Untuk menyimpan perubahan, tekan tombol A. Selanjutnya jarum jam akan bergerak secara otomatis menyesuaikan waktu.

3. Mengatur tanggal dan jam digital

Jika langkah pertama dan kedua di atas adalah untuk mengatur jam analog, maka cara berikut dapat kamu jalankan jika ingin mengatur jam digital. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yakni sebagai berikut.

  1. Tekan tombol B sampai angka dan bulan pada display berkedip.
  2. Tahan tombol C selama beberapa kali untuk mengatur bulan kalender.
  3. Secara bergantian, tekan tombol B dan C untuk mengatur hari, tanggal, dan pengaturan lainnya.
  4. Jika sudah selesai, tekan tombol Start atau tombol B hingga tidak ada lagi angka yang berkedip.

Ketika kamu sudah mengatur jam tersebut, pastikan kembali apakah jam pada jarum analog dan display sudah sama dan sesuai. Jika belum sesuai, kamu bisa mencoba pengaturan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol C sebanyak dua kali, kemudian tekan tombol B hingga angka jam berkedip.
  2. Selanjutnya, tekan secara bergantian tombol C dan B tersebut untuk mengatur jam, menit, dan tampilan 12 jam/24 jam.
  3. Jika sudah selesai, tekan tombol B kembali
  4. Tekan tombol C sebanyak tiga kali untuk kembali ke tampilan awal

4. Setting alarm di GA 110

G Shock GA 110 juga dibekali dengan fitur untuk mengatur alarm. Jadi jika kamu menggunakannya sebagai pengingat waktu dan keperluan sehari-hari, tentu juga masih memungkinkan. Cara setting alarm pun sangat mudah, kamu hanya membutuhkan beberapa langkah setting sebagai berikut.

  1. Tekan tombol Mode (C) sekali saja pada saat jam menunjukkan tampilan awal.
  2. Tekan dan tahan tombol Start (B) selama beberapa saat hingga terdapat angka yang berkedip yang menunjukkan sebagai jam alarm.
  3. Tekan tombol C sekali lagi untuk mengatur jam yang diinginkan. Gunakan tombol lain seperti A untuk mengatur menit.
  4. Pastikan sudah ada tanda lonceng yang berkedip sebagai tanda bahwa kamu sudah mengaktifkan alarm.
  5. Kembali ke tampilan awal. atau tanggal jika pengaturan sudah tersimpan.

Bagaimana, cukup mudah dijalankan bukan? Untuk mematikan alarm atau menonaktifkannya, kamu bisa mengulangi langkah-langkah setting jam G Shock GA 110 di atas, namun pastikan kembali tanda lonceng sudah tidak ada dan tidak berkedip.

5. Pengaturan waktu pada fitur stopwatch

Jam tangan G Shock GA 110 sejatinya juga memiliki fitur stopwatch yang dapat berguna untuk berbagai keperluan. Ada beberapa langkah yang bisa kamu jalankan apabila ingin menjalankan pengaturan ini, yakni:

  1. Tekan tombol C selama beberapa kali. Tidak jarang, beberapa tipe hanya membutuhkan tiga kali penekanan mode.
  2. Klik tombol kanan atas (B) untuk memulai stopwatch.
  3. Jika ingin memberhentikan waktu atau mengembalikan waktu ke angka 0:00:00, maka kamu bisa menekan tombol Reset (D).
  4. Tekan tombol Mode (C) sebanyak dua kali untuk menuju tampilan tanggal awal.

Tips Pengaturan Jam G Shock Tipe GA 110

Perlu diketahui, semua langkah-langkah di atas bisa saja berbeda antara satu model jam tangan dengan model jam tangan lainnya, terutama pada jenis dan tipe GA 110. Untuk itu, kamu mungkin akan mengalami sedikit kesulitan jika akan menyetting jam tangan yang satu ini.

Nah, untuk meminimalisir segala kesulitan yang dapat dihadapi, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan. Tips apa sajakah itu, berikut beberapa di antaranya.

1. Membaca buku panduan

Pastikan kamu sudah membaca secara lengkap buku panduan yang disediakan pada saat pembelian produk yang baru. Ya, perlu diketahui jika dalam satu box pembelian secara resmi, kamu akan mendapatkan jam yang disertai dengan kartu garansi dan buku panduan.

Jika kamu membeli dari distributor atau toko resmi di Indonesia, kamu akan mendapatkan buku panduan berbahasa Indonesia. Tentunya hal ini akan membuatmu menjadi lebih mudah memahami instruksi yang tersedia di dalamnya.

2. Setting di tempat pembelian

Kamu juga bisa melakukan segala pengaturan di tempat kamu membeli produk G Shock tersebut. Hal ini tentunya juga akan sangat memudahkan, bahkan kamu juga bisa menanyakan langsung kepada petugas atau penjualnya jika mengalami kesulitan.

Tidak perlu ragu untuk menanyakannya karena memang selain itu tugas mereka, kamu juga akan mendapatkan banyak hal baru yang mungkin belum pernah didapatkan sebelumnya. Apalagi jika kamu tidak cukup paham dengan buku panduan yang sebelumnya sudah disediakan.

3. Tanyakan kepada penjual online

Jika kamu membeli produk G Shock tersebut secara online, jangan sampai kamu hanya asal melakukan pembelian. Selain menanyakan stok, tidak ada salahnya kamu juga menanyakan beberapa hal terkait dengan settingan jam yang belum kamu pahami.

Sama halnya seperti pengaturan secara langsung di toko jam tangan, kamu bisa menanyakan apapun yang memang belum kamu pahami. Sedikit kendala tentu pada saat komunikasi di mana mungkin kamu harus beberapa kali memfoto produk yang sedang terkendala.

4. Memahami setiap fungsi tombol

Di beberapa petunjuk, baik dari internet atau buku panduan, tidak jarang akan menampilkan nama-nama tombol dengan kode ABCD. Selain kamu hafal dengan pengaturan tombol tersebut, tentu saja kamu harus memahami fungsi masing-masing.

Tombol yang terbatas tentunya tidak boleh menjadi alasan untuk tidak mengetahui apa saja fungsinya. Memang setiap jam memiliki pengaturan sendiri-sendiri, namun secara garis besar seharusnya kamu tidak perlu merasa bingung karena pada display pun tidak jarang ditampilkan fungsinya secara singkat.

5. Tidak takut mencoba

Kamu juga tidak boleh takut untuk mencoba. Asalkan tidak sembarangan, tentu saja pengaturan tidak akan merusak jam tanganmu tersebut. Kamu bisa menjalankan pengaturan secara hati-hati sehingga setting yang kamu lakukan tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Bila gagal setting jam G Shock GA 110, kamu masih bisa mengulanginya kembali. Namun jika masih kesulitan, kamu bisa menghubungi customer service atau penjual produk tersebut. Jika masih ada garansi, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan biayanya.

Itulah beberapa settingan yang bisa dilakukan dengan beberapa tips pengaturan yang dapat kamu aplikasikan. Silakan dicoba! (sumber: Jamtangan.com)